Parenting

Agar Anak Tak Mudah Sakit

Assalamualaikum bunda… Gimana kabar hari ini? Semoga sehat selalu ya bunda, biar tetap setrong ngurusin anak-anak.

Apalagi anak-anak kalau lagi sakit ya bun, aduh rasanya seisi rumah ikut ngerasa sakit. Gak konsentrasi mau ngurus kerjaan maupun tugas-tugas rumah.

Alhamdulillah Nusaibah dan Rufaidah, kedua saya Allah kasih daya imun yang kuat, sehingga mereka tak gampang sakit. Nah, untuk itu saya punya beberapa tips nih untuk kita semua, semoga bermanfaat.

  1. Doakan anak. Mendoakan anak agar selalu sehat adalah kunci utama anak biar gak gampang sakit. Sebab kita tau, Allah lah Sang Maha Penyembuh.
  2. Berikan anak ASI hingga 2 tahun. Asi ekslusif selama 6 bulan, kemudian makanan pendampingnya setelah 6 bulan.
  3. Berikan anak makanan sehat. Makanan yang sehat ini sangat penting ya bun untuk tumbuh kembang anak. Berikan anak makanan lengkap dengan protein nabati, protein hewani, karbohidrat, lemak, serat, dan buah-buahan. Hindari memasak menggunakan micin, penyedap atau pewarna makanan. Usahakan pakai bumbu alami aja ya bun.
  4. Makan dengan teratur. Makan dengan teratur itu sangat berpengaruh ya bun. Kalau saya, biasanya memberikan anak makan tiga kali sehari. Untuk sarapan biasanya antara jam 06.00 sampai jam 08.00. Makan siang antara jam 12.00 sampai jam 13.00. Makan malam antara jam 18.00 sampai 19.30. Jadi lambung dan pencernaannya udah tau waktu-waktunya untuk bekerja.
  5. Banyak minum air putih. Nah, untuk pencernaan yang sehat, meminum air itu minimal 2 liter sehari ya bun. Nah kalau ini terkadang Nusaibah mau juga sih gak sampai 2liter. Tapi kadang mau juga sampai lebih.
  6. Ngemil makanan sehat. Alhamdulillah Nusaibah itu makannya lahap, dan ngemilnya juga kuat. 😅 Nah, cemilannya juga kami berusaha memberikan cemilan yang sehat juga. Seperti buah-buahan, roti atau biskuit, beserta kurma. Selain makanan sunnah, kurma itu juga bagus untuk daya ingat anak.
  7. Berikan sinar matahari yang cukup untuk anak. Biasanya matahari pagi itu bagusnya antara jam 07.00 hingga jam 09.00. Nah jangan sepelekan hal ini ya bun..
  8. Selalu bacakan doa sebelum makan, dan bacakan Bismillah setiap memulai aktifitas anak. Agar anak selalu Allah lindungi.

Nah itu dia beberapa tips dari saya ya bun… Semoga anak-anak kita sehat selalu dan tentunya bahagia karena asupannya tercukupi.

4 Comments

  • jannahta

    Betul dek. Alhamdulillah semoga anak kita jadi anak yang sehat terus ya deek.. Jauh dr micin.. Aamiin…

  • Nurul Hilmah

    Iya kak, Alhamdulillah, si Alfa juga jarang sakit, pas sehabis imunisasi aja kak. Itu juga kadang-kadang kak.
    Mungkin buat ibu hamil juga harus makan makanan sehat, kurangi micin dan jajan diluar, jd begitu anaknya lahir juga dlm kondisi sehat.

  • jannahta

    Semoga segera ketemu jodoh ya deek.. Aamiin.. Iya dek makan teratur itu penting kali, biar tua nnti ttp bs aktif menikmati masa tua sama anak cucu. Gak melulu sakit krna gak teratur makan.. 😅

  • Yeni Rahmadhani Purba

    Waalaikumusslam… Sehat sehat..

    Tips oke dari kak Jannah. Bisa jadi referens ni kalau udah merried #amin..

    Paling suka itu di point yang teratur untuk jadwal makan. Karena awak di gituin juga sama mamak. 😅😅
    Wah jadi keinget mama yang jauh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *