Review,  Serba-Serbi

Pameran Artefak Rasulullah di PRSU Medan

Untuk pertama kalinya di Indonesia, Medan terpilih menjadi kota yang beruntung karena dikunjungi oleh Lembaga Penawar Legenda Maju (PLM) Indonesia dan Dragon Heart SDN BHD Malaysia untuk membuka Pameran Artefak Asli Rasulullah dan Para Sahabat di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Medan. Semoga Allah senantiasa merahmati dan melindungi Sumatera Utara ini. Aamiin…

Saya mendapatkan info mengenai pameran ini dari Whatsapp grup salah seorang alumni MAN Pematangsiantar pada 11 januari 2019 lalu. Alhamdulillah pameran ini diadakan cukup lama, yakni dimulai dari Jumat 11 januari 2019 hingga Selasa 12 februari 2019.

MasyaAllah Subhanallah Alhamdulillah, atas izin Allah, Selasa, 5 Februari 2019 lalu kami berkesempatan melihat peninggalan Rasulullah dan para Sahabat ini. Kami membawa kedua putri solehah kami, Nusaibah dan Rufaidah. Walaupun mungkin saat ini mereka belum memahami betul apa yang mereka lihat, InsyaAllah kami semua memperoleh berkah dengan mengunjungi peninggalan Nabiyyuna, Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam. Aamiin Allahumma Aamiin.

Bersama rombongan murid MDA kampung Kolam milik Muallim Zaman dan Muallimah Desi, keluarga sahabat dunia akhirat kami, Abangda Irhas Pulus, Ibu, dan istrinya Syahnena beserta kedua anaknya Ilyas dan Hulwa. Kami berangkat dari Bandar Setia sekitar pukul 09:00 dan tiba disana sekitar pukul 10:00 WIB. Kami beserta Ibu dan keluarga bang Irhas berangkat menaiki Gocar. Sedangkan tim MDA menaiki odong-odong.

Ada sekitar 42 benda, mulai dari darah hasil bekam Rasulullah, rambut Rasulullah, janggut Rasulullah, peralatan sehari-hari, seperti alas kaki, tongkat, sorban, tempat air minum, hingga senjata yang pernah dipergunakan Rasulullah Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam dan sahabat.

Begitu masuk ke area pameran, MasyaAllah kami langsung disambut oleh Kiswah Ka’bah. Ya Allah, air mata saya berlinang, betapa beruntungnya rasanya bisa melihat dan mencium langsung kiswah Ka’bah. Walaupun bukan di Makkah dan di Ka’bah nya langsung. (Ya Allah, panggil kami untuk pergi ke RumahMu ya Rabb). Allahumma Aamiin..

Kiswah Ka’bah tahun 2010
Kiswah pada zaman Turki Utsmani
Kunci Ka’bah

Selanjutnya, kami melihat potongan rambut Rasulullah Nabiyyuna, Habibana Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam. Air mata udah tak terbendung, betapa hati ini bergetar, betapa cinta, rindu dan bangganya kami terlahir menjadi Ummatmu Ya Rasulullah.
Maafkan kami jika banyak lalai dan lupa akan sunnahmu ya Rasul.
Dan hingga saat mengetik kata-kata ini, air mata saya terus mengalir. Ya Allah… Pertemukan kami dengan Rasulullah, ya Rasulullah, berikanlah kami syafaatmu..
Walau rasanya kami tak pantas meminta hal ini padaMu, kami tetap mengemis cintamu Ya Rabb…

Rambut Rasulullah Muhammad Shallahu Alaihi Wasallam
Tongkat Rasulullah
Alas kaki Rasulullah (Sandal Rasulullah)
Tapak Kaki (Footprint) Rasulullah
Janggut baginda Rasulullah
Serban Rasulullah
Busur PanahRasulullah
Tanah makam Rasulullah
Darah bekam Rasulullah (Maaf, blur gambarnya)
Foto di penutup makam Rasulullah
Tapak kaki unta Rasulullah dan Tasbih tulang unta
Cemeti Rasulullah
Pedang Muhammad Al Fatih, sang penakluk Konstatinopel
Pedang Saidina Husein
Pedang Mu’adz bin Jabal
Pedang Amir bin Ash
Nusaibah lagi lihat dan baca sejarah Islam

Keseluruhan barang-barang Rasulullah ini merupakan aset warisan turun-temurun. Seorang profesor arkeologi asal Malaysia, bernama Haji Embong, lah yang mengumpulkannya dari para ahli waris, yang tak lain ialah keturunan dari Nabi Muhammad atau keturunan sahabat-sahabat Nabi Muhammad.

Pameran sangat bermanfaat, karena dengan ini, masyarakat khusunya ummat muslim di Sumut bisa mengetahui sejarah Rasulullah dan para sahabatnya.
Denger-denger, setelah Medan, pameran ini InsyaAllah akan digelar di Aceh. Setelah sebelumnya sudah menyinggahi beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, dan Singapura.

Untuk tiket masuk, Rp.60.000/orang untuk orang dewasa dan Rp.30.000/orang untuk anak-anak diatas 3tahun. Namun karena kami rombongan membawa siswa, ada potongan tiket masuk, yakni menjadi 35.000/orang untuk dewasa. Alhamdulillah. 😁
Hari ini, hari terakhir, masih ada kesempatan untuk teman-teman yang belum melihat. Buka pameran dari jam 10 pagi hingga jam 11malam.

11 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *