Blogger Medan

Mencoba Pola Hidup Sehat Menurut Islam

Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh, badanmu memiliki hak atas dirimu.” (HR. Muslim).

Hukum menjaga kesehatan dalam islam adalah wajib. Maka Sudah semestinya kita memberikan hak sehat kepada tubuh titipan Allah ini. Adapun haknya, adalah makan disaat kita lapar, istirahat disaat kita letih, dan berobat disaat kita sakit.

Nah yang menjadi tantangan terberat kita adalah bagaimana bisa menjaga badan untuk tetap bisa memiliki pola hidup sehat tersebut. Siapa sih yang gak mau sehat terus? Mungkin kalau ditanya siapa yang mau sehat, pasti semua orang mau sehat. Tapi, apakah semua orang bisa menjalani pola hidup sehat? Belum tentu… Karena pola hidup sehat itu gampang-gampang susah. Gampang kalau udah terbiasa, namun mulainya yang susah😅

Ada banyak riwayat yang menjelaskan tentang bagaimana dahulu Rosul menjaga kesehatanya baik dengan makan makanan sehat menjalani pola hidup sehat dengan oahraganya. Mulai dari rutin berpuasanya, makan disaat laparnya, tidak makan banyak, makan yang baik-baik saja, berjalan kaki berbulan-bulan, berkudanya, memanahnya dan masih banyak lagi kegiatan yang lainnya. Mungkin kalau kita terapkan saat ini, gak sanggup deh kita untuk mengikutinya. Namun bagaimanapun kami memilih sebagian cara yang Rosul lakukan dan mencobanya pelan-pelan pada kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa rangkuraman yang kami terapkan:

  1. Bahagia.
    Saya dan suami selalu berprinsip untuk terus bahagia menikmati hidup bagaimana pun keadaannya. Seberat apapun cobaan, atau sesusah apapun kondisi keuangan, kami selalu berusaha untuk tidak mengeluh. Karena fikiran adalah faktor utama yang menentukan sehat tidaknya fisik kita. Kalau kita mudah stress, maka segala penyakit pasti mudah datang. Terutama si asam lambung.

    “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi.” (Surah al-Qashash:77).

    Bersyukur adalah jalan ninja kami. Gak usah malu dengan kondisi keluarga kita saat ini, berusaha maksimal aja, untuk hasil, itu udah urusan Allah. Kalau banyak omongan nyinyir lambe netizen disekitar kita, abaikan saja, disenyumin aja. Kalau kitanya enjoy dengan hidup, InsyaAllah penyakit gak mudah datang.

    Bahagia itu sederhana. Bisa foto bareng aja salah satu kebahagiaan buat emak-emak rempong anak 2 ^_^

     

  2. Perbanyak minum air putih.
    Air putih adalah minuman terbaik untuk tubuh. Kami sekeluarga tim suka minum air putih. Gak bisa aja tuh kalau abis makan, minumannya yang berwarna. Seret😂 Bahkan saking banyaknya minum air putih, biasanya kami bisa menghabiskan hampir 1 galon besar air mineral dalam sehari.

    Takaran air putih yang dibutuhkan pada tubuh manusia menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

     

  3. Tidur yang cukup.
    Jika memang tidak ada pekerjaan yang mengharuskan kami bergadang, kami akan tidur paling lama di jam 10 malam. Karena kalau tidur cukup, mudah untuk bangun pagi, dan badanpun lebih enteng tuk memulai beraktifitas.

    “Dan karena rahmatNya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebagian dari karuniaNya (pada siang hari) dan supaya kamu bersyukur“. (Al Qashahs: 73).

  4. Konsumsi makanan sehat.
    Makanan sehat itu gak perlu mahal. Ada banyak sekali makanan sehat yang ada disekeliling kita. Mulai dari sayuran hijau, buah-buahan lokal, ikan lokal, daging lokal, kacang-kacangan lokal, susu, nasi, dan lain-lain. Jika kita punya alokasi dana berlebih, ya silahkan saja untuk menambahkan menu pasta, sereal dan roti yang sudah difortifikasi.

    source : doktersehat.com

     

  5. Konsumsi suplemen alami /herbal.
    Biasanya kami di rumah rutin konsumsi madu tiap pagi saat perut kosong. Gak lupa juga konsumsi kurma di pagi hari atau disaat perut terasa lapar dan pengen ngemil. Nah, saat malamnya, sebelum tidur kami rutin mengonsumsi habbatussaudah sebagai suplemen penambah tenaga dan penghilang letih setelah seharian berkegiatan.

    Aneka kurma yang biasa kami makan. Source : Syurgakurma.com

    “Barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

    “Sungguh dalam habbatus sauda itu terdapat penyembuh segala penyakit, kecuali as-sam.” Aisyah pun bertanya, “Apakah as-sam itu?” Beliau menjawab, “Kematian.” (HR Bukhari).

    “Madu adalah penyembuh bagi segala penyakit dan Al-Qur’an adalah penyembuh terhadap apa yang ada di dalam dada. Maka bagi kalian terdapat dua penyembuhan; Al-Qur’an dan madu.” (HR. Ibnu Majah, 3452 dari hadist Ibnu Mas’ud).

    Kurma, madu, dan habbatussaudah adalah herbal alami yang terdapat didalam hadits. Jadi selain dapat sehatnya, kita bisa mengikut sunnahnya. InsyaAllah sehat dan berpahala. Mengonsumsi 3 herbal tersebut adalah usaha kami agar terhindar dari berbagai penyakit.

  6. Pilih makanan yang halal dan baik.
    Apakah kami tidak jajan? Oh tentu tidak. Kami juga jajan. Bahkan sering😅. Kami memilih-milih makanan yang kami jadikan jajanan. Kalau untuk cemilan beratnya, kami memilih makanan jadul olahan rumah. Misal jagung rebus, bubur kacang hijau, ataupun olahan pisang.Terkadang sebagai apresiasi jika anak kami memiliki prestasi kami juga membelikan jajanan sebagai rewardnya. Biasanya sih kalaupun membelikan jajanan, membelikan jajanan yang punya nilai kesehatannya lebih tinggi. Seperti keripik tempe Chimi dan keripik ubi Chimi Lemonilo. Soalnya keripiknya tingi serat yang di buat dari ubi madu dan ubi ungu pilihan hasil panen petani lokal. Gapapa deh keluarin uang lebih tapi dapat manfaat lebih juga. :)Dan gak sah sebagai orang indonesia kalau gak makan mie instan ya kan. Dalam sebulan pasti ada makan mie instan minimal 1 bulan sekali. Kalau kami juga menjatuhkan pilihan ke Mie Lemonilo. Soalnya mie lemonilo ini dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami, dipanggang bukan digoreng, tanpa pengawet, tanpa tambahan MSG, rendah gluten, dan tanpa pewarna buatan.  Pewarna hijau dari mie nya adalah dari warna bayam. Tu kan, ibu mana coba yang gak mau konsumsi mie sehat begini. Pastinya gak bikin khawatir deh kalau masak mie lemonilo ini.
  7. Bermain dan Jalan-jalan
    Kesehatan mental tak kalah penting ya moms, jalan-jalan untuk sekedar merilekskan pikiran juga salah satu kegiatan yang menyehatkan. Gak perlu jauh jauh, ke minimarket depan gang aja atau ke taman terdekat dari rumah aja biasanya udah cukuplah untuk penyegaran. Ya kalau jalan-jalannya bisa lebih jauh ketempat yang indah-indah Alhamdulillah, lebih banyak berpeluang bersyukur untuk menikmati indahnya ciptaan Allah.Tidak hanya emaknya saja yang enjoy, anak-anak juga pasti seneng. Secara dunianya mereka kan dunianya bereksplorasi, dunia main. InsyaAllah sekeluarga bakal bahagia.

    “Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan”

    Jalan-jalan dan camping ke pamah View, Langkat

Manfaat pola hidup sehat yang kami rasakan:

  • Badan lebih siap dan semangat untuk beraktifitas.
  • Tidur lebih nyenyak.
  • Penyakit tidak mudah datang.
  • Tidak mudah mengantuk.
  • Tidak ketergantungan obat kimia.
  • Lebih hemat uang belanja.
  • Lebih tenang dalam menjalani setiao fase roda kehidupan.

Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan,” (HR. Muslim).

One Comment

  • Faizah Ja’far

    Bahagia bagi keluarga kadang gak perlu mahal kan kak dari kegiatan hal hal sederhana aja kadang udah bahagia, kami sekeluarga juga lagi rutin minum madu sebagai suplemen alami alhamdulillah nagaruh ke tubuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.