Blogger Medan

Blogwalkingmu menentukan Karaktermu

Beberapa waktu lalu, seorang blogger mengatakan bahwa blogwalking itu gak penting, dan itu biasanya hanya dilakukan oleh blogger pemula.

Saya cukup terkejut dengan pernyatannya. Sebab menurut saya blogwalking itu justru menjadi penentu identitas ataupun karakter diri seorang blogger. Mengapa? Karena dari kerelaannya mengunjungi blog orang lain dan mengomentarinya adalah suatu keramahan tersendiri menurut saya.

Menurut saya, blogwalking itu adalah sebuah kebutuhan. Ya, ketika saya banyak membutuhkan informasi, saya akan langsung klik google dan menemukan blog seseorang untuk menjawab rasa ingin tahu saya. Dan banyak sekali blog-blog yang bagus dan memang pantas untuk dikunjungi karena tulisannya memang bagus dan informatif.

Seperti kata pepatah Inggris, Nobody knows everything but everyone knows something. Tidak ada satu orangpun yang tau segalanya di dunia ini, tetapi setiap orang pasti mempunyai sesuatu yang ia ketahui.

Blogwalking itu ibarat silaturrahim, kita mengunjungi blog lain untuk menyapa dan mendapatkan informasi terbaru darinya.
Nah, mungkin memang gak semua blogger punya niatan baik untuk mengunjungi blog orang lain terlebih dahulu. Terutama jika ia sudah menjadi blogger kelas kakap. Haha istilah baru ๐Ÿ˜…. Ya, blogger yang udah oke emang biasanya mengunjungi blog yang memang udah oke juga.

Namun, kalau saya, biasanya mengunjungi blog teman itu adalah sebuah apresiasi. Karena saya tahu bahwa ngeblog itu bukan hal yang mudah dan butuh kekuatan dan semangat untuk konsisten.

Nah, blogwalking itu juga bukan sekedar mengunjungi dengan meninggalkan komentar yang sekedar numpang lewat seperti nice, bagus banget tulisannya, oke nih infonya, dan komentar malas lainnya.

Blogwalking juga tidak sekedar untuk menaikkan pagerank, DA, ataupun PA semata.

Namun blogwalking itu adalah sebuah karakter diri. Layaknya bertamu, bagaimana kita harus berperilaku, begitu pula lah kita dalam bertutur saat blogwalking.

Hingga saat ini saya juga masih terus memperbaiki cara dan kualitas blogwalking saya. Bahkan saya juga termasuk yang belum banyak blogwalking ke blog teman. Tapi InsyaAllah udah direncanain kok.. Hayo, teman-temanโ€ฆ Ingetin saya yaa kakau belum blogwalking ke blog kalian. ๐Ÿ˜‡

Thanks buat guru SEO medan untuk pencerahannya mengenai blogwalking.๐Ÿ™

Buat yang mau tau lebih jelas manfaat blogwalking lainnya dari bang Blahe, monggo klik link dibawah ini..

14 Comments

  • jannahta

    Ini udah lama loh bang tulisan awak.. Gak fresh from the open.. Blog bagus itu mmg pantas untuk di promosiin abangda suhu..

    Semoga banyak bermanfaat utk org lain yakan bang, makasih ilmunya bang, barakallah..

  • jannahta

    Betul kali itu bang, penulis beda2 gaya penulisannya, begitu juga dgn pembaca.

    Mungkin kt merasa tulisan kita gak oke, tp bs aja banyak yang suka dgn gaya penulisan kita. Intinya sih postitif thinking aja, dan terus berkarya kali ya bang.. ๐Ÿ˜‡

  • jannahta

    Aku kalo nampar langsung lebih terasa loh bg yog.. Hehe.. Kidding๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    Iya, aku juga kadang sok sibuk, sampe lupa, atau gak sempet asik nanti2 aja bw nya.. Alhamdulillah ada program Blog M ini..

  • jannahta

    Iya bang, itulah bang, awak lagi belajar terus untuk mendapat gelar kompeten bang. Kasi motivasi dan tips dong bang.. Hehe

  • Eko Surya

    Setuju kak, BW sering di anggap gak penting..
    Tapi salah satu cara melihat suatu blog itu kompeten atau enggak malah dari jumlah orang yang mau rela meninggalkan komentar nya

  • aizeindra yoga

    wah baca ini kata per kata kayak ditampar tampar, awak kadang blogwalking terbilang males, padahal awak tau blogwalking itu sangat penting sekali hanya saja ya gitulah, kadang banyak hal yang mendistraksi, nanti ke nanti, dan kalo menguraikan alasan hanya untuk memuaskan diri banyak sih,

    semoga awak makin rajin BW

  • golilaunyu

    “Menurut saya, blogwalking itu adalah sebuah kebutuhan. Ya, ketika saya banyak membutuhkan informasi, saya akan langsung klik google dan menemukan blog seseorang untuk menjawab rasa ingin tahu saya”

    yaps bener banget…

    bagi aku sendiri, saat seseorang mengunjungi blogku yang ‘gak seberapa’ itu, dan meninggalkan jejak walaupun satu-atau-dua-kata. aku udah seneng banget, karena akhirnya tulisanku bisa tersampaikan sama orang2.

    karena kalo cuma liat dari views page nya doang, aku ragu dan sesekali berpikir. “apa yang ngunjungi itu bener2 baca? atau dia salah klik? atau kesasar?” gitu.

    pokoknya blogwalking bisa nambah referensi dalam menulis, nambah ilmu dan juga bisa ngebuat blogger itu sendiri semangat untuk nulis (bagi aku)

  • Wahyu Blahe

    Alamak, kenak promosi blog anak muda nya. Cemana lah cara balasnya ini ya. Semoga Allah membalas kebaikan Jannah, Aamiin.. stay consistent, keep writing..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *