Blogger Medan

Blogwalkingmu menentukan Karaktermu

Beberapa waktu lalu, seorang blogger mengatakan bahwa blogwalking itu gak penting, dan itu biasanya hanya dilakukan oleh blogger pemula.

Saya cukup terkejut dengan pernyatannya. Sebab menurut saya blogwalking itu justru menjadi penentu identitas ataupun karakter diri seorang blogger. Mengapa? Karena dari kerelaannya mengunjungi blog orang lain dan mengomentarinya adalah suatu keramahan tersendiri menurut saya.

Menurut saya, blogwalking itu adalah sebuah kebutuhan. Ya, ketika saya banyak membutuhkan informasi, saya akan langsung klik google dan menemukan blog seseorang untuk menjawab rasa ingin tahu saya. Dan banyak sekali blog-blog yang bagus dan memang pantas untuk dikunjungi karena tulisannya memang bagus dan informatif.

Seperti kata pepatah Inggris, Nobody knows everything but everyone knows something. Tidak ada satu orangpun yang tau segalanya di dunia ini, tetapi setiap orang pasti mempunyai sesuatu yang ia ketahui.

Blogwalking itu ibarat silaturrahim, kita mengunjungi blog lain untuk menyapa dan mendapatkan informasi terbaru darinya.
Nah, mungkin memang gak semua blogger punya niatan baik untuk mengunjungi blog orang lain terlebih dahulu. Terutama jika ia sudah menjadi blogger kelas kakap. Haha istilah baru πŸ˜…. Ya, blogger yang udah oke emang biasanya mengunjungi blog yang memang udah oke juga.

Namun, kalau saya, biasanya mengunjungi blog teman itu adalah sebuah apresiasi. Karena saya tahu bahwa ngeblog itu bukan hal yang mudah dan butuh kekuatan dan semangat untuk konsisten.

Nah, blogwalking itu juga bukan sekedar mengunjungi dengan meninggalkan komentar yang sekedar numpang lewat seperti nice, bagus banget tulisannya, oke nih infonya, dan komentar malas lainnya.

Blogwalking juga tidak sekedar untuk menaikkan pagerank, DA, ataupun PA semata.

Namun blogwalking itu adalah sebuah karakter diri. Layaknya bertamu, bagaimana kita harus berperilaku, begitu pula lah kita dalam bertutur saat blogwalking.

Hingga saat ini saya juga masih terus memperbaiki cara dan kualitas blogwalking saya. Bahkan saya juga termasuk yang belum banyak blogwalking ke blog teman. Tapi InsyaAllah udah direncanain kok.. Hayo, teman-teman… Ingetin saya yaa kakau belum blogwalking ke blog kalian. πŸ˜‡

Thanks buat guru SEO medan untuk pencerahannya mengenai blogwalking.πŸ™

Buat yang mau tau lebih jelas manfaat blogwalking lainnya dari bang Blahe, monggo klik link dibawah ini..

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *