Maternity

Bolehkah Menyusui disaat Hamil?

Kehamilan merupakan anugerah yang sangat indah dari Allah, merasakannya pun suatu kebahagiaan yang sangat berharga. Untuk itu, ketika bunda mengetahui bunda sedang hamil disaat masih menyusui, maka bersyukurlah. Allah berikan banyak rezeki buat bunda. 
Ketika bunda masih pada vase menyusui, lalu diberi amanah kembali untuk mempunyai anak, apakah boleh tetap menyusui ketika sedang hamil? Apakah hal itu berbahaya? Kenapa banyak orang yang melarang memberikan ASI kepada anak ketika kita sedang hamil?
Banyak sekali mitos yang beredar, ada yang bilang bahwa ASI nya nanti berubah jadi darah, ada juga yang bilang nanti anak kita gak kuat tulangnya, ada juga yang bilang nanti anak kita jadi kurus, dan masih banyak lainnya. 
Itu semua mitos ya bun. ASI itu makanan terbaik di dunia. Tak pernah membuat anak alergi, sakit, apalagi menjadi sesuatu yang membahayakan. 
Menyusui ketika sedang hamil atau ang sering disebut dengan istilah Tandem Nursing sebenarnya relatif aman dilakukan dan tidak berbahaya selama ibu hamil mampu mematuhi rambu-rambu terutama soal kebutuhan gizi dan nutrisi.
Memang, disaat hamil, puting dan payudara bunda bisa menjadi lebih lembek. Bahkan produksi ASI berkurang dan rasa ASI sedikit berubah dikarenakan payudara memproduksi kolostrum untuk si bayi.
Namun tidak menjadi masalah selagi bunda  :

  1. Tidak memiliki kehamilan yang berisiko tinggi atau berisiko mengalami persalinan prematur.
  2. Tidak hamil anak kembar
  3. Tidak mengalami pendarahan dan nyeri yang kuat.

Banyak konsumsi air putih dan makanan bergizi ya bunda, InsyaAllah menyusui dapat membuat si kakak lebih cepat beradaptasi dengan kehadiran si adik baru. Happy pregnant, semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.