Manfaat kurma untuk ibu hamil dan cara mengonsumsinya
Maternity

Manfaat kurma untuk ibu hamil dan cara mengonsumsinya

Kurma adalah makanan yang sangat baik untuk ibu hamil dan janin. Mulai dari kandungan trimester pertama, kandungan 5 bulan, 7 bulan, hingga hamil 9 bulan kurma sangat dianjurkan untuk dimakan oleh ibu hamil. Bahkan menurut ajaran islam manfaat memakan kurma ajwa di pagi hari dapat terhindar racun dan sihir. Selain kurma, tentunya ibu hamil juga harus melengkapi nutrisinya dengan terus mengonsumsi buah, susu, ataupun sari kurma.

 

Mual parah diawal kehamilan.

Saya ingin bercerita pengalaman saya sewaktu hamil anak pertama sekitar 4 tahun lalu. Saat itu, saya mual muntah parah, tak hanya morning sickness, saya tak bisa makan dan tak bisa minum. Setiap apa yang saya makan, semua termuntahkan. Setiap minum, selalu terasa bau dan tak bisa tertelan. Minum susu hamil pun tak bisa. Hal ini menyebabkan saya pusing luar biasa dan hampir tidak memiliki tenaga untuk beraktifitas. Waktu itu saya menghabiskan waktu untuk bedrest di kamar. Hal seperti ini berlangsung hingga kurang lebih hampir 5 bulan. Padahal sewaktu tidak hamil saya adalah pemakan segalanya. Hahaha..

 

Konsumsi Vitamin Ibu Hamil pun tetap muntah.

Setelah beberapa kali konsultasi ke bidan dan ke dokter kandungan, semuanya mengatakan hal ini adalah hal yang biasa yang dirasakan oleh ibu hamil. Sepulang konsultasi, saya biasanya mendapatkan obat anti mual dan vitamin ibu hamil. Namun masalahnya setelah mengonsumsi obat mual dari dokter dan bidan, tak ada perubahan dalam diri saya. Saya masih tetap muntah juga dan tak bisa menelan vitamin yang diberikan.

Setelah itu saya datang ke sala satu rumah sakit di jalan Denai Medan, disana saya melakukan pemeriksaan kehamilan dan USG. Yang membuat kami patah hati adalah, dokter bilang kondisi janin kami tak proporsional. Kepala bayi besar, namun kakinya kecil. Janin yang ada dalam perut saya dikatakan kurang gizi. Ya Allah betapa merasa bersalahnya kami. Kami sudah mencoba untuk melakukan yang terbaik menurut kami untuk tidak muntah setelah makan. Namun tak juga berhasil.

 

Menemukan Solusi yang tepat

Merasa tak puas dan khawatir akan kondisi janin, akhirnya saya memutuskan untuk ke salah satu dokter kandungan lainnya di rumah sakit swasta di Jalan Menteng Kota Medan. Banyak yang merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter ini. Lalu kami pun mendatanginya.

Masya Allah, dokter ini sangat ramah, sopan, dan bagus penjelasannya. Dan teman-teman tau apa yang disampaikan dokter ini? Beliau menyarankan untuk banyak berdoa, dan mengonsumsi kurma. Atau jika tak ada kurma, sari kurma juga boleh. Karena kurma adalah salah satu makanan terbaik yang mempunyai segudang gizi yang bermanfaat bagi ibu hamil.

Karena saat itu tidak bulan ramadhan, kami susah menemukan kurma. Lalu kami putuskan lah untuk mengonsumsi sari kurma HNI HPAI sebelum mendapatkan kurma aslinya. Setelah rutin mengonsumsi sari kurma, Alhamdulillah MasyaAllah kondisi saya mulai membaik. Saya mulai bisa makan seperti biasanya. Selera makan sudah mulai naik, sudah bisa minum susu ibu hamil, bahkan saya bisa beraktifitas seperti biasanya.

MasyaAllah, benar sekali adanya manfaat kurma ini. Saya sudah merasakan langsung manfaatnya. Buah yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadist ini memang sungguh menjadi energi dn obat bagi yang meyakininya.

Suatu kesyukuran yang tak terhingga yang kami rasakan ketika janin didalam tubuh kami tumbuh dengan baik. Ia mampu mengejar ketertinggalan gizinya. Betapa terharunya kami pada kandungan 8 bulan kehamilan bayi yang didalam perut saya sudah mempunyai bobot 3,1 kg. Bahkan dokter sudah menyarankan untuk diet karbo dan tidak terlalu banyak ngemil. Hehehe..

Alhamdulillah, setelah penantian 9 bulan lebih, lahirlah Nusaibah Nidaul Karimah dengan bobot 4 kilogram, pajang 49cm dengan persalinan normal.

Jadi buat bunda yang sekarang sedang mengandung, tetap semangat untuk memberikan nutrisi terbaik untuk janinnya ya. Bunda bisa mengonsumsi kurma sebagai makanan bunda. Kalau sekarang ini sudah tidak susah lagi mencari kurma ya kan. Sudah banyak pedagang kurma yang menjual kurma tidak hanya di bulan Ramadhan. Tinggal pesan, langsung deh dianter ke rumah bunda.

Sebagai gambaran, berikut manfaat kurma yang harus bunda ketahui.

Manfaat Kurma

Berdasarkan data dari U.S Department of Agriculture, dalam 100 gram kurma mengandung: energi: 277 kalori, glukosa 33,7 gram, lemak: 0 gram, kalsium: 64 mg, protein: 1,81 gram, serat: 6,7 gram, karbohidrat: 75 gram, fosfor: 62 mg, magnesium: 54 mg.

Yang mana keseluruhan ini bisa menambah energi, mencegah Sembelit, mencegah anemia, membantu pertumbuhan tulang janin, menjaga tekanan darah stabil, menjaga keseimbangan garam dan air dalam tubuh, mencegah cacat lahir, protein yang dibutuhkan untuk memproduksi asam amino. Luar biasa kan manfaatnya. Semoga dengan ikhtiarnya bunda untuk mengonsumsi makanan sehat saat hamil, kelak anak-anak yang lahir dari perut bunda akan menjadi anak-anak yang pinter soleh-solehah ya, aamiin..

 

Cara mengonsumsi kurma

“Barangsiapa mengonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Kurma bisa langsung dikonsumsi oleh semua kalangan. Mulai anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Kalau mengonsumsi kurma ajwa, direkomendasikan makan 7 butir di pagi hari. Cara lain mengonsumsi kurma, bisa dengan membuat smoothie kurma ditambah dengan yogurt, dijadikan memblender kurma dengan susu, menjadi pemanis sebagai pengganti gula dan susu dalam makanan dan minuman, dan membuat saus salad. Caranya, tambahkan kurma dengan selai kacang lalu campurkan ke dalam salad pilihan.

Syurga Kurma, Distributor Kurma di Medan.

Bunda yang lokasinya ada di medan, bisa berbelanja kurma, madu, herbal lainnya di Syurga Kurma. Syurga Kurma adalah toko online dan offline yang menjual aneka kurma, aneka madu, oleh-oleh haji dan herbal kebutuhan sehari-hari lainnya. Bunda bisa belanja via shopee, tokopedia, instagram, wa 085262142024, ataupun datang langsung ke tokonya. Tokonya ada dua, yang pertama di Jalan Williem Iskandar no 239 A Medan, dan yang kedua ada di Jalan terusan no 13 Bandar Setia, Deli Serdang.

Semoga informasi ini membantu yaa…

 

Baca juga https://syurgakurma.com/tempat-distributor-jual-grosir-kurma-di-medan/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *